Statistik Pengunjung

  • Pengunjung: 50281
  • Online: 1
  • Hari ini: 55

Anggota PBK (Penanggulangan Bahaya Kebakaran) Ikuti Pelatihan

BERITA – Rabu, 16 Jun 2010 12:37 WIB

Bencana kebakaran sebenarnya bisa diminimalkan jika setiap orang tahu cara penanganannya. Namun kebanyakan masyarakat belum paham sehingga kebakaran tersebut sering menimbulkan kerugian yang tidak sedikit, bahkan sampai menelan korban jiwa. Demikian antara lain isi materi pelatihan bagi anggota PBK (Penanggulangan Bahaya Kebakaran) di Kailurang, Rabu/Kamis, 11/12 Mei lalu.


Pelatihan tersebut diikuti oleh 50 anggota PBK seluruh DIY -dari Bantul diikuti oleh 4 personal- dengan menghadirkan pembicara/pelatih dari PBK Kota Yogyakarta. Selain anggota PBK, peserta pelatihan ini juga diikuti oleh security (SATPAM) rumah sakit dan penjaga sekolah.


Dalam pelatihan itu peserta diberikan materi “Pengenalan Teori Dasar Pemadaman API”. Kebakaran bisa terjadi karena 3 unsur, yaitu panas, udara dan bahan. Jika ketiganya bertemu maka akan terjadi kebakaran. Sehingga untuk memadamkannya harus diputus salah satu unsurnya. Teknis pemadamannya dengan pendinginan, isolasi dan mengurai bahan. Masyarakat tidak harus menunggu mobil pemadam kebakaran ketika terjadi kebakaran, karena dapat menggunakan cara tradisional sebelum api mulai membesar. Cara itu adalah dengan menggunakan bahan yang dibasahi, bisa selimut, keset atau karaung goni.
Sedangkan penyebab kebakaran ada bermacam-macam. Ada karena faktor kelalaian manusia, hewan, konsleting listrik,dan faktor alam seperti gempa bumi dan gunung meletus.

(Naskah ini diterbitkan Kamis Pon, 20 Mei 2010 08:32 WIB)