Berita

Tokoh Muda Lebih Energik Pimpin Partai

Jumat Wage, 19 Juni 2015 08:58 WIB 776

Pengamat politik dari Universitas Sumatera Utara (USU) Wara Sinuhaji mengatakan, tokoh muda sebaiknya diberikan kesempatan dalam memimpin partai politik (parpol) agar bisa melakukan reformasi.

"Selama ini, tokoh tua belum memberikan kesempatan. Ini terjadi karena tokoh tua masih haus dengan kekuasaan karena banyak kepentingan," ujar Wara Sinuhaji kepada Suara Pembaruan.

Dia mengatakan, tokoh muda lebih energik dalam memimpin partai. Bahkan, tokoh muda lebih reaktif dalam merespons tuntutan dan harapan masyarakat. Adapun tokoh tua mempunyai peranan untuk memberikan saran dan masukan buat tokoh muda saat memimpin partai.

"Kepercayaan rakyat terhadap parpol semakin menurun karena perilaku koruptif semakin meningkat. Perilaku koruptif muncul karena tokoh tua sebagai pemimpin partai, tidak mampu melahirkan pemikiran yang positif dan konstruktif. Ini dilema buat bangsa ini," katanya.

Menurut dia, sudah saatnya kaderisasi di dalam partai dilakukan. Selama ini, proses pengkaderan tidak berjalan. Padahal, banyak tokoh muda berintegritas yang dapat diandalkan. "Bangsa ini bisa maju jika partai mengutamakan kaderisasi, apalagi memimpin partai," kata dia. (Berita Kesbangpol/beritasatu.com)