Berita

WORKSHOP FKDM BERSAMA IBU-IBU PKK KABUPATEN BANTUL

Kamis Legi, 11 Februari 2016 14:03 WIB 749

Pada hari Kamis, tanggal 11 Februari 2016 bertempat di aula Koperasi Kesehatan KPN Jl. Dr Wahidin Sudirohusodo, sebelah timur Rumah Sakit Panembahan Senopati Jebugan Bantul, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Pengurus PKK Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan workshop dengan tema; Bahaya Perkembangan Paham / Ideologi Yang Menyimpang Terhadap Kehidupan Sosial di Masyarakat.

Workshop Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) ini diikuti oleh perwakilan pengurus PKK Kecamatan dari seluruh wilayah Kabupaten Bantul kecuali wakil dari Kecamatan Pundong yang tidak mengirimkan perwakilannya.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Bantul, Ir. Ag. Sumasriyana, M.Si, dalam sambutannya mengajak kepada ibu-ibu anggota PKK di tingkat dusun untuk membantu Pemerintah dalam menanggulangi adanya kelompok radikal yang akhir-akhir ini banyak bermunculan dan menjadikan anak-anak muda sebagai sasarannya.

Sementara Ibu Retno Susanti SH, dalam materinya mengatakan bahwa ibu-ibu PKK harus menjadi ibu yang hebat dan pembelajar, agar bisa mengimbangi perkembangan anak. Jangan sampai anak mendapat pengaruh yang buruk dari orang lain tanpa ibu bisa mencegahnya. Kalau ibunya cerdas dan berwawasan, maka akan bisa mendampingi anaknya dengan cara yang cerdas pula, tidak mudah dibohongi.

Sedangkan Ibu Sri Sumiyatun S.Ag, dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul, menyimpulkan bahwa peran PKK di tengah masyarakat adalah sebagai ujung tombak dalam mencegah timbulnya paham radikalisme. Kader TP PKK harus gencar mengadakan penyuluhan tentang pentingnya penghayatan dan pengamalan pancasila. Orangtua adalah benteng terdepan dalam mencegah paham radikalisme, karena mereka paling awal membaca tanda-tanda ekstrimisme di tiap-tiap individu di dalam keluarga. (Ud).