Berita

Beginilah Ciri-ciri Partai Modern

Kamis Pahing, 7 April 2016 07:40 WIB 1033

Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) Maswadi Rauf mengatakan, partai politik memegang peranan penting dalam menciptakan kader-kader calon pemimpin di masa mendatang. Karena perlu terus berubah mengikuti perkembangan jaman. Sehingga benar-benar menjadi partai yang modern dan mampu menjawab kebutuhan demokrasi yang ada.

“Kalau parpol tidak mampu, maka kita mendapatkan pemimpin yang mendapatkan cemooh dari banyak orang,” ujar Maswadi saat menjadi pembicara pada dialog yang digelar Puslitbang Kemendagri.

Menurut Maswadi, ciri dari parpol modern yakni, menjalankan fungsi-fungsi parpol yang sesuai dengan demokrasi. Misalnya, melakukan fungsi rekrutmen dan kaderisasi yang baik. Kemudian menjadikan parpol sebagai sebuah sekolah. Tempat di mana masyarakat dididik dan dilatih menjadi calon pemimpin.

Selain itu, parpol modern kata Maswadi, juga harus mampu menjalankan kegiatan yang efektif dan efisien. Hal tersebut ditandai dengan adanya petugas parpol yang profesional serta mempunyai sumber-sumber dana yang memadai.

“Partai modern itu partai yang punya dana, apakah dicari sendiri atau dari hibah pemerintahan, kaderisasi tanpa dana pasti enggak mungkin. Tapi motor penggerak adalah sekretariat jenderal partai itu sendiri,” ujarnya.

Sementara itu Rektor Universitas Paramadina, Firmanzah mengatakan, untuk mendukung karakter pengelolaan manajemen parpol modern harus adanya ideologi partai politik yang jelas. 

”Ideologi parpol harus jelas, kapan seseorang pantas dicalonkan untuk menjadi gubernur, bupati, walikota. Kalau masih menggantungkan kehidupan karismatik dalam manajemen parpol, itu belum jelas. Hal inilah yang belum dianggap serius” ujarnya.

Firmanzah juga meminta inisiatif dari Kemendagri untuk melakukan pendidikan dan pelatihan terkait dengan pencatatan anggaran dana Parpol sehingga akuntabel.

“Mekanisme pencatatan dana parpol jangan berantakan, kita tidak bisa membuat sistem governance tanpa adanya akuntan, ini pilar penting,” ujar Firmanzah. (Berita Kesbangpol/jpnn.com)