Berita

Kontribusi Parpol Melawan Korupsi Masih Rendah

Jumat Pon, 8 April 2016 08:41 WIB 590

Hasil penelitian menunjukkan kontribusi partai politik (parpol) terhadap pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) di Tanah Air masih rendah. Demikian dikatakan Rektor Universitas Paramadina Jakarta Firmanzah.
 
"71 Persen responden di Malang menyatakan kontribusi partai politik dalam melawan KKN sangat rendah atau cukup rendah," kata Firmanzah dalam diskusi bertajuk 'Manajemen Parpol Modern dalam Menjamin Percepatan Kesejahteraan Masyarakat Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945' di Jakarta.
 
Firmanzah juga menyebutkan hasil penelitian yang dilakukannya menunjukkan mayoritas publik menilai kontribusi parpol dalam peningkatan kesejahteraan rakyat sangat rendah atau cukup rendah. Oleh karena itu, ke depan perlu dilakukan pembenahan parpol.
Salah satu hal yang perlu dibenahi ke depan, lanjut Firmanzah, terkait manajemen pencatatan keuangan parpol. Hingga saat ini, pencatatan keuangan parpol masih jauh dari semangat tata kelola organisasi yang baik (good governance). Baik, dalam hal pencatatan keuangan parpol maupun dana kampanye pada saat digelarnya Pemilu.
 
Pembenahan pencatatan keuangan parpol, lanjut Firmanzah, penting dalam menuju manajemen parpol yang modern. Selain, guna meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan parpol di mata publik. Ia pun mengusulkan agar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersedia menginisiasi pelatihan sistem penyusunan dan pencatatan akuntansi bagi parpol ke depan.
 
"Saya sepakat, di satu sisi APBN bisa diberikan untuk menambah keuangan parpol, tapi parpol juga harus berbenah diri. Jangan sampai BPK masuk, parpol nggak siap, nanti jadi masalah lagi," ujarnya. (Berita Kesbangpol/zonalima.com)