Berita

Edaran Mendagri: Antisipasi Gangguan Selama Ramadhan

Rabu Wage, 8 Juni 2016 14:09 WIB 775

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menerbitkan Surat Edaran (SE) No. 003.2/2064/SJ tentang Himbauan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2016. SE ini ditunjukan kepada gubernur, bupati/walikota seluruh Indonesia per 3 Juni 2016.

Tjahjo mengatakan, dalam rangka memperkuat toleransi dan kerukunan intern dan anter umat beragama, serta menjaga kekhusukan umat Islam dalam menjalankan ibadah Puasa Ramadhan 2016. Para kepala diminta untuk memperhatikan sejumlah hal ini.

Pertama, kata dia adalah antisipasi munculnya potensi ancaman yang dapat memicu gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di daerah selama bulan suci ramadhan, sebelum, saat dan setelah hari Raya Idul Fitri 1437 H.

“Imbau kepada masyarakat baik yang menjalankan ibadah puasa, maupun yang tidak, untuk menjaga toleransi, saling menghargai dan kepada ormas-ormas diminta untuk menahan diri tidak melakukan sweeping,” kata Tjahjo dalam surat edaran tersebut.

Kepala Daerah, kata dia juga harus mengkordinasikan langkah-langkah antisipasi dengan pihak terkait seperti mengoptimalkan peran dan fungsi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forkopimda.

“Laporkan pada kesempatan pertama setiap perkembangan munculnya gejala yang mengarah terjadinya gangguan tesebut kepada Mendagri,” (Berita Kesbangpol/kemendagri.go.id)