Berita

Ormas Tidak Pancasilais akan Dibubarkan

Rabu Legi, 15 Juni 2016 13:53 WIB 755

Ke­menterian Dalam Negeri su­dah melakukan rapat koordinasi dengan Kejaksaan Agung dan Polri soal rencana pembubaran organisasi ke­masyarakatan (Ormas) yang dinilai tidak Pancasilais.

“Kemendagri sudah rapat koordinasi dengan Kejaksaan dan Polri. Ada Ormas dapat disebut me­lakukan makar dan akan di­bubarkan. Kami mer­eko­men­dasikan agar tindakan Or­mas diproses secara hu­kum,”

Tjahjo Kumolo mengatakan hal itu menjawab perta­nyaan Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Lukman Edy, yang me­minta penjelasan soal per­nyataan Menteri Dalam Ne­ge­ri bahwa Pemerintah akan mem­bubarkan Ormas yang di­nilai tidak sejalan dengan Pan­casila dan Negara Kesa­tu­an Republik Indonesia (NKRI).

Sebelumnya, pada Rem­buk Nasional Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indone­sia (Adkasai), di Purwakarta, Senin (9/5), Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, me­nga­takan, Pemerintah akan membubarkan Ormas yang dinilai menolak Pancasila.

Tjahjo enggan menyebut­kan nama Ormas tersebut, tapi Ormas itu cukup besar. “Ormasnya cukup besar dan terang-terangan anti Pan­ca­sila,” katanya, seperti dikutip Antara.

Tjahjo menambahkan, ha­sil keputusan dari rapat koordinasi Kemendagri, Ke­jaksaan Agung, dan Polri, di­kirim ke seluruh pemerintah daerah di Indonesia, agar men­jadi pegangan di tiap dae­rah.

“Supaya pimpinan dae­rah tidak bingung me­nindaklanjutinya,” katanya.

Dia menegaskan, Panca­sila adalah konsensus na­sio­nal dan ideologi negara yang merekatkan bangsa Indone­sia. “Karena itu, kita sebagai bangsa Indonesia tidak boleh menghujat Pancasila,” ka­ta­nya. (Berita Kesbangpol/suarakarya.id)