Berita

Sosialisasi Peraturan perundang-undangan bidang Keormasan

Jumat Pon, 24 Maret 2017 09:57 WIB 416

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) menggelar kegiatan “Sosialisasi Peraturan Perundang-Undang bidang Keormasan”, Jum’at (17/3). Kegiatan dilaksanakan di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta Pusat. Direktorat Organisasi Masyarakat (Dit. Ormas) Dirjen Polpum Merupakan Pelaksana Program Kegiatan Sosialisasi perundang-undangan ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Polpum Soedarmo, Plt. Sesditjen Polpum Didi Sudiana, SE, MM,  Direktur Ormas Polpum La Ode Ahmad, serta wakil dari Kepala Biro Hukum Setjen Kemendagri. Peserta Kegiatan Sosialisasi ini merupakan Kepala Badan (Kaban)/Kepala Kantor (Kakan) Serta Sekretaris Kaban/Kakan dan Kabid yang membidangi keormasan Kesbangpol Seluruh Indonesia.

Sosialisasi peraturan perundang-undangan bidang Ormas merupakan sosialisasi Undang-undang Nomor 17 tahun 2013, serta Peraturan pemerintah Nomor 58/59 Tahun 2016. Kedaulatan rakyat ditunjukkan dengan adanya Ormas, “pertambahan Ormas apabila tidak diatur maka akan menjadi persoalan bagi Pemerintah khususnya Kesbangpol,” Ujar Soedarmo. Sebagai informasi Jumlah Ormas sampai dengan 14 Maret 2017 Berjumlah 325.892 Ormas yang tersebar dan terdaftar di Kementerian, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota. (kemendagri.go.id)