Berita

FORUM DISKUSI ORGANISASI KEMASYARAKATAN KABUPATEN BANTUL

Kamis Kliwon, 3 Agustus 2017 08:29 WIB 382

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bantul pada hari Rabu tanggal 02 Agustus 2017 menyelenggarakan diskusi dengan peserta sejumlah anggota dan pengurus organisasi masyarakat (ormas) yang ada di Kabupaten Bantul. Adapun yang menjadi narasumber adalah tokoh muda pendidikan Irfan Khalimi, S.Pd.I, yang juga pengurus FKDM Kabupaten Bantul, serta Bapak Wakil Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih

Diskusi yang berlangsung di aula Koperasi Adil jalan Wahidin Sudirohusodo itu diikuti oleh sekitar 50 orang.  Thema yang diusung dalam diskusi kali ini adalah; “Peran Ormas dalam Membentuk Karakter Bangsa”.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Bantul, Stephanus Heru Wismantara, SIP, MM, dalam sambutannya mengatakan; “Negara kita dibentuk dengan kesepakatan bersama dalam bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan dasar Pancasila. Untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dalam upacara 17-an jangan hanya sekedar seremonial saja, tapi bisa menunjukkan eksistensi rasa kebangsaannya”.

Sementara Irfan Khalimi, S.Pd.I yang biasa disebut Gus Irfan ini menyampaikan materi dengan judul; “Menegakkan kembali Idiologi Ormas dengan Berazazkan Pancasila”. Dalam paparannya dia mengatakan; “Pancasila dipandang dari segi sosiologi merupakan pemersatu bangsa. Antara Pancasila dan agama hendaknya jangan dibenturkan”.

Sebagai pembicara terakhir Bapak wakil Bupati Bantul dalam paparannya mengatakan, “Pancasila merupakan titik temu antara beberapa kepentingan dan kepercayaan. Jangan ditabrakkan dengan ajaran agama, dan toleransi berarti bersedia menerima perbedaan”. (Ud)