DIALOG FKUB DI KAPANEWON PANDAK.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bantul Kembali melaksanakan kegiatan Dialog Forum Kerukunan Umat Beragama Tingkat kapanewon Pandak, hari Jumat, 14 Juli 2023 setelah pelaksanaan kegiatan di Kapanewon Banguntapan.

Acara dibuka oleh Bapak Supriyanta, SSTP, Kepala Bidang Kesatuan Bangsa mewakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Poliitik Kabupaten Bantul yang berhalangan hadir.

Pada Kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa dalam Pembentukan Forum Kerukunan Umat Beragama Kecamatan /Kapanewon tidak diatur dalam Surat Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No 8 dan 9 Tahun 2006, namun atas kesepakatan dalam rapat pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Bantul, perlu membentuk FKUB Tingkat Kecamatan sebagai kepanjangan tugas FKUB Kabupaten. perlu diketahui Kabupaten Bantul pernah mendapat ranking ke 2 Intoleransi. Harapan kami dengan berdirinya FKUB tingkat Kapanewon dapat meminimalisir konflik lintas agama dan dengan diselenggarakanya kegiatan dialog  ini akan lebih dapat menanggulangi dan memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat  khususnya wilayah Kapanewon Pandak.

Acara  selanjutnya pemaparan dari narasumber sebagai berikut;

1. Drs, H. Saebai, MA, M.Pd. Wakil Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bantul, dengan menyampaikan materi ceramah “MEMBANGUN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DALAM WAWASAN KEBANGSAAN”

2. H. Abdulah Mahmud, S.Ag. Kepala KUA Kapanewon Pandak dengan menyampaikan materi ceramah “MODERASI BERAGAMA".

Dilanjutkan sesi dialog/tanya jawab yang dimoderatori oleh Bpk. Drs. H. Agus Amarullah, MA, pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama  (FKUB) Kabupaten Bantul, dihadiri oleh 30 orang peserta Tokoh agama dan Tokoh Masyarakat Kapanewon Pandak.