RAKOR TIM KEWASPADAAN DINI PEMERINTAH

Pada hari ini Kamis 20 April 2023 Pukul 19.30 WIB sd selesai telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Kabupaten Bantul, rapat dipimpin oleh Bapak Stefanus Heru Wismantara, SIP., MM., Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bantul dengan dihadiri oleh :

  1. Pasi Intel Kodim
  2. Pelda Subardi, Kodim 0729 Bantul
  3. Bachtiar, Binda Bantul
  4. Ipda Bagus Panji Nugroho, Polres Bantul
  5. Serka Vendi, Lanud Adisucipto
  6. Nugroho Pramuharso, SE, Binda Bantul
  7. Novita Pristiani Dewi, S.ST, Kesbangpol Bantul
  8. Pintoko Dewanto, SIP, Kesbangpol Bantul

 

Rapat koordinasi membahas:  

1.      Situasi dan kondisi Kabupaten Bantul menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah 

Pelaksaanaan hari Raya Idul Fitri tidak sama, Pengurus Pusat Muhammadiyah sudah menginformasikan akan merayakan  Idul Fitri pada 21 April 2023, sedangkan Pemerintah secara resmi mengumumkan setelah menunggu sidang Isbat / penetapan awal Syawal 1444 yang hari ini sedang berlangsung sehingga dimohon kepada umat Islam tetap menjaga Ukhuwah Islamiyah dan toleransi dalam menyikapi perbedaan Penetapan 1 Syawal 1444 Hijriyah / 2023 Masehi.

2.  Secara garis besar situasi dan kondisi wilayah Kabupaten Bantul dalam keadaan aman dan terkendali namun yang perlu diwaspadai pada malam ini Takbir Umat Islam  yang melaksanakan hari raya Idul Fitri  pada tanggal 21 April 2023. Antisipasi kerawanan Kecelakaan Jalan peserta Takbir Keliling.

3. Kebutuhan 9  Bahan Pokok di Wilayah Kabupaten Bantul menjelang Hari Raya Idul Fitri dan Paska Hari Raya Idul Fitri aman dan  terkendali. 

4. Hasil Sidang Isbat malam ini Pemerintah menetapkan bahwa 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu, tanggal  22 April 2023 Masehi.

5. Rapat Koordinasi dilanjutkan pemantauan Malam Takbir bagi Umat Islam dari Muhammadiyah malam ini yang besuk sudah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah di Wilayah Kabupaten Bantul dengan situasi dan kondisi sebagai berikut:

a. Jalan Bantul peserta Takbir padat merayap, Situasi dan Kondisi aman terkendali.

b. Jalan Samas dari perempatan Palbapang selatan peserta takbir padat merayap terjadi laka lantas sepeda motor dengan mobil bak terbuka yang menimbulkan korban 1 meninggal dunia ( pengendara sepeda motor jenis kelamin, Wanita, perkiraan umur 23 Tahun, alamat, Ndodokan, Srigading, Sanden, Bantul )

c. Depan Kapanewon Imogiri dan sekitarnya jalan ditutup untuk kegiatan lomba Takbir Keliling

d. Perempatan Klodran samapai dengan perempatan paseban ditutup dan jalan dialihkan untuk menghindari kemacetan pusat Kota Bantul.

e. Jalan Parangtritis dan Jalan Srandakan Padat merayap dipenuhi peserta Takbir Keliling dan berjalan aman terkendali.

f. Laporan   Pos PAM Mudik lebaran di Klangon ( Jalan Wates ) dan Jl. Srandakan  Padat dan aman terkendali.